Analisa Kebijakan Pemerintah

Salah satu kebijakan pemerintah



Analisa dan kritikan

Penyebab meningkatnya penduduk miskin merupakan dampak dari akumulasi kebijakan-kebijakan pemerintah selama ini yang membuat rakyat semakin sengsara. Seperti halnya kebijakan kenaikan harga BBM.
Kenaikan harga BBM selain dapat memicu inflasi, juga mendorong maraknya PHK yang mengakibatkan meningkatnya pengangguran. Demikian juga Liberalisasi di sektor perdagangan membuat  harga komoditas pangan tak terkendali. Padahal, sebagian besar pengeluaran penduduk menengah bawah untuk membeli makanan. Selain itu anggaran APBN untuk mengurangi kemiskinan, meski tiap tahun terus meningkat, terbukti  tidak efektif, karena dikorupsi dan tidak menyentuh akar masalah.
Selama ini, keberhasilan pemerintah dalam bidang ekonomi hanya pada level makro seperti pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi di saat dunia mengalami krisis, defisit APBN yang rendah, aliran investasi asing yang terus tumbuh. Namun, data-data tersebut bersifat makro dan tidak berhubungan dengan  kesejahteraan rakyat secara riil. Sebaliknya, indikator-indikator kesejahteraan seperti kemiskinan, kesenjangan pendapatan, upah riil,  pengangguran, angka kematian ibu hamil belakangan justru semakin memburuk.
Akar masalah kemiskinan di negeri ini, menurut saya adalah penerapan sistem ekonomi kapitalisme. Salah satu problem mendasar sistem ini adalah distribusi kekayaan yang timpang dimana para pemilik modal akan semakin kaya sementara yang tidak mampu baik secara fisik, mental dan material akan tersingkir.
Upaya pemerintah untuk mengatasi ketimpangan tersebut selama ini gagal, karena hanya bersifat  sementara  seperti pemberian  subsidi pangan tanpa peduli apakah subsidi tersebut dapat menjangkau seluruh penduduk yang membutuhkan secara memadai dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, sebelum menaikkan harga BBM. Pemerintah harus lebih bersiap dalam menghadapi dampak dampak negatif yang akan terjadi. Baik menyiapkan lapangan pekerjaaan atau penerimaan subsidi yang tepat sasaran. Sehingga dapat mencegah kenaikan angka pengangguran dan kemiskinan.
Previous
Next Post »

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. ConversionConversion EmoticonEmoticon