Makna Kemiskinan dan Kemanusiaan


MAKNA KEMISKINAN
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan atau kesulitan dalam hal memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Pemahaman kemiskinan:

·         Kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan.
·         Ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. hal ini mencakup masalah-masalah sosial dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi.
·         Kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai.

Kemiskinan di gambarkan  sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian, tempat berteduh, dan lain-lain.


MAKNA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAN

Pokok pikiran dari sila kemanusiaan yang adil dan beradab sbb:
·         Menempatkan manusia sesuai dengan tempatnya sebagai mahluk tuhan.
·         Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa. Menghargai dari setiap warga negara. Menolak perbuatan rasisme dan mengusahakan kebahagiaan lahir dan batin.
·         Mewujudkan keadilan dan peradapan yang tidak lemah. Pelurusan dan penegakan (hukum) yang kuat jika terjadi penyimpangan.
·         Manusia di tempatkan sesuai dengan harkatnya. Manusia mempunyai derajat yang sama dalam hukum.

Mewujudkan keadilan dan peradapan yang tidak lemah berarti diusahakan perwujudannya secara positif. Jika ada hal yang menyimpang dari norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku, harus dilakukan tindakan yang setimpal. Prinsip manusia adalah nilai-nilai yara di masyarakat indonesia sudah terpelihara sejak dahulu. Nilai itu di perkuat dengan datangnya agama besar di indonesia dan di anut bangsa indonesia. Suasana demikian itu menumbuhkan suasana keakrapan, walaupun pada masa dahulu semangat ini mulai kendor, karena fenomena disintregasi yang menampilkan konflik yang disertai dengan tindakan anarkis kekerasaan, dan tindakan yang merendahkan martabat manusia. Landasan kehidupan masyarakat indonesia beranjak dari senasib dan sepenanggungan dan kemanusiaan dalam arti luas persaudaraan dan meneruskan kebiasaan setia secara mufakat.
Previous
Next Post »

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. ConversionConversion EmoticonEmoticon